Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melakukan kunjungan ke Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Ambon pada hari Jumat, tanggal 5 Mei 2023. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka koordinasi kerja sama dan berdiskusi mengenai pengembangan desa-desa (atau yang disebut juga dengan Ohoi) di daerah tersebut.


Rombongan yang terdiri atas perangkat pemerintah kecamatan dan Ohoi dari Kec. Hoat Sorbay, Kec. Kei Kecil Barat, dan Kec. Manyeuw, serta perwakilan pengurus BUMDES dari daerah tersebut, tiba di BPPMDDTT Ambon pada pukul 9 pagi. Mereka disambut oleh Kepala BPPMDDTT, Bpk. M. Suwakul, S.E, dan jajaran pejabat lainnya.


Dalam pertemuan tersebut, perwakilan pemerintah kecamatan yang hadir menyampaikan bahwa daerah mereka memiliki potensi yang besar dalam bidang pariwisata dan juga kemaritiman, khususnya perikanan. Dalam forum tersebut, juga disampaikan beberapa program bantuan yang pernah dijalankan untuk memperkuat sektor-sektor tersebut.


Selain itu, Kepala BPPMDDTT Ambon juga menyampaikan program-program yang telah dilaksanakan oleh Balai Ambon dalam memajukan sektor pariwisata, industri kreatif, dan ekonomi di Provinsi Maluku. Beliau juga menawarkan kerja sama dalam bentuk pelatihan dan pemberdayaan sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata dan kemaritiman di daerah tersebut.


Kunjungan ini berlangsung dengan penuh kerjasama dan diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan BPPMDDTT Ambon dalam melaksanakan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat guna mengembangkan sektor-sektor yang potensial tersebut.